Aneka Ragam Makalah

Footnote



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !. kalau sempat sumbang tulisannya ya !
Untuk mengetahui dengan cepat, maka silahkan tekan Ctrl F dan ketikkan sesuai judul makalah yang akan dicari Footnotenya.

1. Tafsir Ahkam
  • [1] N. A. Fadhil Lubis, Hukum Islam dan Perubahan Sosial; Makalah yang disampaikan pada peluncuran buku Tafsir al-Ahkam karya Abdul Halim Hasan, tgl. 17 Juni 2006.
  • [2] M. Yassir Nasution, Tafsir Al-Ahkam H. Abdul Halim Hasan; Makalah yang disampaikan pada peluncuran buku Tafsir al-Ahkam karya Abdul Halim Hasan, tgl. 17 Juni 2006.
  • [3] Azhari Akmal Tarigan, Syekh Abdul Halim Hasan; Moderatisme dalam Pemikiran Hukum Islam, Prolog pada, Tafsir al-Ahkam (Jakarta: Kencanan Pranada Group, 2006),
  • [4] Amru Daulay pada kata sambutan, Tafsir al-Ahkam (Jakarta: Kencanan Pranada Group, 2006),

2. Tafsir Tahlili
  • [1] Abd al Hayy al Farmawiy, Al Bidayah Fi al Tafsir al Maudhuiy; Dirasah Manhajiyah al-Mauwdhu’iy, Metode Tafsir Maudhui, Terj Suryan A. Jamrah (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996), h. 17.
  • [2] Quraish Shihab, Membumikan Alquran (Bandung:Mizan, 2002), h. 86.
  • [3] Azyumardi Azra, Sejarah Ulumul Qur’an, Pustaka Firdaus, Jakarta, h. 172-174.
  • [4] Ibid, hal 18
  • [5] Subhi Salih, Mabahis Fi Ulumil Qur’an, trjmh Tim Pustaka Firdaus, (Jakarta, Pustaka Firdaus, 1993), h. 384.
  • [6] Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam 2, cet. IV (Jakarta: Icthiar Baru Van Hoeve, 1999), h. 208.
  • [7] Ibid,
  • [8] Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam (Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2001), h. 171.
  • [9] Muhammad Amin Suma, Studi Ilmu-Ilmu Alquran (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001), h. 15.
  • [5] M. Yassir Nasution, Tafsir Al-Ahkam H. Abdul Halim Hasan; Makalah yang disampaikan pada peluncuran buku Tafsir al-Ahkam karya Abdul Halim Hasan, tgl. 17 Juni 2006.
  • [6] H. Abdullah Syah, Pemikiran Hukum Dalam Bidang Ibadah Dalam Tafsir al-Ahkam Karya Tuan Syekh H. Abdul Halim Hasan Binaji; Makalah yang disampaikan pada peluncuran buku Tafsir al-Ahkam karya Abdul Halim Hasan, tgl. 17 Juni 2006.
  • [7] Abdul Hasan Binjai, Tafsir al-Ahkam (Jakarta: Kencanan Pranada Group, 2006), h. 1.
  • [8] Ibd, h. 6.
  • [9] Quraisy Shihab, Bebeberapa Aspek Ilmiyah dalam Alquran (Jakarta: Perguruan Tinggi Ilmu Alquran, 1986), h. 35.
  • [10] Chaidir Abdul Wahab, Membedah Metodologi Tafsir Ahkam (Bandung: Citapustaka Media, 2005), h. 61.
  • [11] Lahmuddin Nasution pada kata sambutan, Tafsir al-Ahkam (Jakarta: Kencanan Pranada Group, 2006), h. 1.
  • [12] Ibnu Rusydi, Bidayah al-Mujtahid wa Nihayah al- Muqtashid (Beirut: Dar Fikr, 1985).
  • [13] Abdul Halim, Tafsir al-Ahkam, h. 174.
  • [14] Ibid, h. 261.
  • [15] Mahmud Yunus, at-Tarbiyah, juz. II (Ponorogo: Darussalam Press, 1995), h. 11.

3. Tafsir Tematik
  • [1] Ali Hasan Al-Aridh, Sejarah metodologi Tafsir (Jakarta, PT. Raja Grapindo Persada, 1994) hal. 40.
  • [2] Ahmad Warson Munawwir, Kamus Al-Munawwar, Yogyakarta, 1984.
  • [3] Ali Hasan, Sejarah…, hal. 7.
  • [4] Abdul Al-Hayy Al-Farmawiy, Al-Bidayah fi al- Tafsir al-Mau«’i (Kairo : al-¦a«oroh al-‘Arabiyah, 1977) hal. 24.
  • [5] Zahir bin Awadh al-Alma’I, Dirasat fi al- Tafs³r al-Mau«’i, hal. 9.
  • [6] Muhammad Baqir Al-Sadr, Tafsir Mau«’i wa Tafsir Al-Tajzi’i pi Al-Quran Al-Karim (Beirut : Ta’aruf al -Matb’at, 1980 ) hal, 11.
  • [7] Zahir bin Awadh Al- Alma’i, hal. 11.
  • [8] Manna Khalil Al-Qattan, Mab±his fi ‘Ulmil Quran (Raiyadh : D±r al-Ma’arif, 1973), hal. 98.
  • [9] Ali Hasan, hal. 78-80.
  • [10] Zahir bin Awadh Al-Ama’i, hal. 21.
  • [11] Ibid, hal. 22
  • [12] Abd Hay, hal 45-46.
  • [13] Ali Hasan, hal. 88-89.
  • [14] Zahir Bin Awadh, hal. 23
  • [15] M. Quraish Shihab, Wawasan Alquran (Bandung : Mizan, 1996), hal. 14.
  • [16] Ibid, hal. 17.
  • [17] Ibid, hal. 15.
  • [18] Ibid, hal. 120.

4. Tafsir bi ra`yi
  • [1] M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Quran, Bandung: Mizan, 1993, hal. 71-72. Tafs³r bi al-ra`yi dikembangkan oleh golongan mu`tazilah yaitu: al Jahidh dan al Nazzom pada abad ke IV H. Lihat di: M.Hasbi As Shiddiqy, Sejarah Pengantar Ilmu Al-Quran/Tafs³r, (Jakarta: Bulan Bintang, 1992) hal.230
  • [2] Lois Ma`luf, al Munjid fi al Lughah wa A`lam (Beirut: Dar al-Masyriq, 1980), hal.243
  • [3] Al Yairuz Abady, Al-Qamus al-Muhid, (Beirut: Muassasa ar-Risalah, Cet,V, 1996), hal.1659
  • [4] Mahmud Basuni Faudah, At Tafs³r wa Manahijuh, Terj: M. Mochtar Zoerni, Tafs³r-Tafs³r Al-Quran Perkenalan dengan Metodology Tafs³r, (Bandung, Pustaka, 1987),hal.62
  • [5] M.Aly Ash Shabuny, at-Tibyan fi ‘Ulum al-Quran, Terj: M. Chudlori Umar, dkk, Pengantar Study Al- Quran, (Bandung, Al Ma`arif, 1987),hal. 213
  • [6] Manna` al-Qattan, Mabahits fi : ‘Ulum Al-Quran, (Beirut: Muasasah ar Risalah, 1983), hal. 351
  • [7] M. Quraish Shihab, Op-cit,hal 79
  • [8] M. Abdul ‘Azhim Azzarqanni, Manahil al- Irfan fi ‘Ulum Al-Qur`an (Beirut: Dar al Kutub al Ilmiah:1988) hal.56
  • [9] Siti Amanah-, Pengntar Ilmu Alquran dan Tafs³r, (Semarang, Asy Syifa, 1993), hal. 315-317
  • [10] Subhi as Shahih, mabahits fi ‘Ulum Al-Quran, Terj: Pustaka Firdaus, Membahas Ilmu-Ilmu Al-Quran (Jakarta, Pustaka Firdaus , Cet. V, 1995), hal. 387
  • [11] Fadh bin abdurrahman ar Rumi, Dirasah fi ‘Ulum Al-Quran, Terj: Amirul Hasan dan M.Halabi, ‘Ulumum Qur`an Study Kompleksitas Al-Quran, (Yogyakarta: Titian Ilahi Press, Cet.II, 1999),hal.209
  • [12] Siti Amanah, Op-cit, hal 320 dari Mahmud Basuni Faudah, At Tafs³r wa Manahijuh, Terj: M.Mochtar Zoerni, Tafs³r-Tafs³r Al-Quran Perkenalan Dengan Metodologi Tafs³r, (Bandung,Pustaka,1987),hal.87
  • [13] M.Aly Ash Shabuny,Op-cit, hal 215
  • [14] Ali Hasan al ‘Aridl, Tarikh Al`ilm al Tafs³r wa Manahij al Mufassirin, Terj: Ahmad Akrom, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994), hal.52-53
  • [15] S.Agil Husein al Munawwar, I’jaz al-Quran dan Metodologi Tafs³r, (Semarang: Dina Utama), hal.47
  • [16] M.Abdul ‘ Azhim Azzarqani, Op-cit,hal 61
  • [17] M.Quraish Shihab, Op-cit, hal 79
  • [18] M.Husein adz Zahabi, hal.14
  • [19] Mahmud Basuni Faudah, Op-cit, hal. 62
  • [20] M. Aly Ash Shabuny, Op-cit,hal 262-263 Lihat juga di Fahd bin Abdurrahman ar Rumi,hal.211-216, bandingkan dengan Mahmud Basuni Faudah, hal.81-92
  • [21] Ali Hasan al ‘Aridl, Op-cit,hal 387

5. tafsir : al-ra`yi dan al-hadis
  • [1] Bila dirunut dari segi etimologi kata “tabi’in” merupakan bentuk jamak dari tabi’ yang artinya yang mengikuti. Sedangkan sebagai istilah berarti orang-orang Islam yang pernah berjumpa dengan sahabat Muhammad saw. Dan meninggal dalam keadaan beriman. Menurut Abu Zahrah bahwa istilah ini diambil dari Alquran surat at-Taubah ayat 100. lihat Ensiklopedi Islam, jil. V(Jakarta: Ichtiar Baru, 1999), lihat juga Abu Zahrah, Muhadarat fi tArikh al-Mazahib al-Fiqhiyat (t.p.: Ma’hal ad-Dirasah al-Islamiyah, 1996), h. 28.
  • [2] Muhammad al-husein Hanafi, al-Madhkal li Dirasah al-Fiqh al-Islami, jil. I (Kairo: an-Nahdhah al-Arabiyah, 1969), h. 69.
  • [3] Muhammad Ali as-Sayis, Tarikh al-Fiqh al-Islami (Mesir: Matba’ah Ali Shabih wa Auladuh, t.th.), h. 74.
  • [4] Muhammad Yusuf Musa, Tarikh Fiqh al-Islami (Mesir: Dar al-Kitab, 1958), h. 44-46. lihat juga Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh, jil. I (Jakarta: Wacana Ilmu, 1997), h. 30, juga Huzaimah Tahido Yanggo, Pengantar Perbandingan Mazhab (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997), h. 32.
  • [5] Ahmad Abu al-Fath, Kitab al-Mukhtarat al-Fathiyat fi Tarikh al-Tasyri’ wa Ushul al-Fiqh (Mesir: Maktabah an-Nahdhah, 1924), h. 128.
  • [6] Muhammad Yusuf Musa,
  • [7] Ibn Qayyim, I’lam al-Muwaqqin, jil. I (Kairo: Munir ad-Dimasyqi, t.th.), h. 23.
  • [8] Yusuf as-Sayyid Syalbi, Muhadarat fi Tarikh al-Fiqh al-Islami (Kairo: at-Tiba’ah al-Muhammadiyah, 1962), h. 119.
  • [9] Muhammad Husein Hanafi , al-Madkhal, h. 85.
  • [10] Abd al-Hay bin Ahmad, Syazarat al-Zahab fi Akhbar Imam Mazhab, jil. I (Kairo: al-Maktabah al-Qudsy, 1350 H), h. 114.

6. ISLAM DAN POSMODERNISME
  • [1] Ernest Gellner, menolak Posmoderisme antara fundamentalisme Rasionalis dan Fundamentalisme Religius, Mizan, 1994,hal 39.
  • [2] Internet, http : // Academic American Edu / akbar / cv.html.
  • [3] Ernest Gellner, op.cit.hal 47.
  • [4] Ibid, hal 39,41,48. lihat juga Syahrin Harahap, Islam Dinamis, Tiara Wacana, Yogya, 1997. hal 243.
  • [5] Bryan S. Turner, Orientalisme posmoderisme dan globalisme, Riora Cipta, 2002, hal 12.
  • [6] Alwi Shihab, Islam Inklusif, Mizan, 1999, hal 51-52.
  • [7] Budhy Munawar Rachman, Islam Pluralis wacana kesetaraan kaum beriman, paramadina, Jakarta, 2001, hal 252.
  • [8] asumsi – Asumsi dasar modernisme : Skuralisme, materialisme, individualisme, dan komitmen untuk kemajuan melalui sains dan teknologi. Lihat Jhon L. Esposito, Ensiklopedi Oxpord dunia islam modern, mizan, jilid 4, 2001, hal 71.
  • [9] Akbar S.Ahmed, Posmodernisme bahaya dan harapan bagi islam, Mizan, Cet.IV,1996, Bandung, hal 22.
  • [10] Ibid.hal 42.
  • [11] Ibid. hal 229.
  • [12] Ibid. hal 232.
  • [13] Ibid. hal 233-249.
  • [14] Ibid. hal 263-264.
  • [15] Ibid. hal 270.

7. Ma’rifah Dan Ijtihad
  • [1] Sayyid Sabiq, Aqidah Islam, cet. Ke 2 (Bandung: CV. Diponegoro, tth) h. 31.
  • [2] Ibid. h. 32.
  • [3] Musthafa Zahri, Kunci Memahami Tasawwuf (Jakarta: PT Bina Ilmu, 1998) h. 229.
  • [4] Ibid.
  • [5] Ibid.
  • [6] Hamka, Tasawwuf Dari Abad Ke Abad (Jakarta: Perpustakaan Islam, 1953) h. 190
  • [7] Ahmad Zaini Mifta, Dasar Pokok Hukum Islam (Jakarta, 7 Juni, 1969).
  • [8] Tajuddin Abdul Wahab, Jam’ul Jawami, juz XI. H. 68.

8. Islam transformatif/dinamis/teologi pembangunan
  • [1] Moh. Nurhakim, Islam: Tradisi dan Reformasi “Pragmatisme” dalam Pemikiran Hassan Hanafi (Jakarta: Banyumedia Publishing, 2003), h. 1-2.
  • [2] Moeslim Abdurrahman, Islam Transformatif (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997), h. 66.
  • [3] Zuly Qodir, Islam Liberal “Paradigma Baru Wacana dan Aksi Islam Indonesia (Yogyakarta: 2003), h. 23-4.
  • [4] Ibid, h. 17.
  • [5] Ibid, h. 55-6.
  • [6] Budi Munawir-Rachman, Islam Pluralis (Jakarta: Paramadina, 2001), h. 448-9.
  • [7] Ibid.
  • [8] Kuntowijoyo, Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi (Bandung: Penerbit Mizan, 1996), h. 228.
  • [9] Budi Munawar-Rachman, Islam Pluralis, h. 449.
  • [10] Ibid, h. 450.
  • [11] Ibid.
  • [12] Tentang hal ini, lihat Mansour Fakih, “Mencari Teologi untuk Kaum Tertindas,” dalam Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam: 70 Tahun Harun: 70 Tahun Harun Nasution (Jakarta: LSAF, t.t.), h. 165-177.
  • [13] Lihat, M. Dawam Rahardjo, “Pendekatan Historis-Struktural: Menemukan Format Pembangunan,” dalam Prisma, No. 10, 1986, h. 3-13.
  • [14] Lihat J.L. Segundo, Liberation of Theology (Dublin, Gill and Mcmillan, 1997), h. 8-9.
  • [15] Budi Munawar-Rachman, Islam Pluralis, h. 452.
  • [16] Moeslim Abdurrahman, Islam…h. 26-7.
  • [17] Ibid, h. 40-1.
  • [18] Ahmad Baso, Civil Society Versus Masyarakat Madani: Arkeologi Pemikiran Civil Society dalam Islam Indonesia (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999), h. 167.
  • [19] Moeslim Abdurrahman, Islam…h. 103-8.
  • [20] Lihat, Moeslim Abdurrahman, Menuju Masyarakat Egalitarian: Transformasi (Jakarta: API, 1987), h. 111. Lihat juga bukunya Wong Cilik dan Kebutuhan Teologi Transformatif” Makalah (Jakarta: P3M, 1989), h. 99.
  • [21] Budi Munawar-Rachman, Islam Pluralis, h. 455.
  • [22] Ibid, h. 467.
  • [23] Ibid, h. 468.
  • [24] Ibid, h. 469-70.
  • [25] Ibid, h. 473-4.
  • [26] Ibid, h. 454.
  • [27] Syahrin Harahap, Islam Dinamis: Menegakkan Nilai-nilai Ajaran Alquran dalam Kehidupan Modern di Indonesia (Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1997), h. 80.
  • [28] Abu Ishaq Asy-Syathiby, Al-Muwafaqat fi Ushul al Ahkam Jili IV (Beirut: Dar al-Fikr, tt.), h. 89-90.
  • [29] Syekh Mahmud Syaltut, Al-fatawa (Mesir: Dar al-Qalam, tt.), h. 352-55.
  • [30] Bandingkan, Wahbah al-Zuhaily, Al-Wasith fi Ushul al-Fiqh al-Islamy (Beirut: Dar al-Kitab, 1978), h. 254.
  • [31] Syahrin Harahap, Islam Dinamis…hl 83.
  • [32] Selengkapnya baca Islam Dinamis: Menggugat Peran Agama Membongkar Doktrin Yang Membatu oleh Ahmad Najib Burhani (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2001), h. 198-200.

9. pernikahan Beda Agama
  • [1] Al-Dimyati, I’anat Al-thalibin, juz III, (Indonesia: Dar Al-Ihya’ Al-Kutub Al-Arabiyah, t.t), h. 254-255.
  • [2] Pasal 2 Kompilasi Hukum Islam, Instruksi Presiden RI. No. 1 Tahun 1991, h. 19
  • [3] Depag R.I., Al-Qur’an dan Terjemahnya (Jakarta : Samara Mandiri, 1999), h. 158.
  • [4] Nasrul Umam syafi’I & Ufi Ulfiah, Ada Apa Dengan Nikah Beda Agama? ( Semarang: Qultum Media, 2004), h. 51.
  • [5] A. Rahman I Doi, Penjelasan Tentang Hukum-Hukum Allah (Syari’ah) ( Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada, 2002), h. 179.
  • [6] Al-Jaziri Abdur Rahman, Kitab al-Fiqh, ala Mazhahi al-Arba’ah, Vol. IV (Kairo, 1970), h. 76
  • [7] Ibid., h. 77.
  • [8] Abi Abd Allah Muhammad Ibn Idris as-Syafi’I, Al-umm, jil. v (Beirut: Dar al-Fikr, t.t.), h. 7
  • [9] Ibid
  • [10] Ibn Hazm al-Andalusi, Al-Mahalla bi al-Asar, jil. XI (Beirut : Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1995), h. 12
  • [11] Depag R.I., Al-Qur’an dan Terjemahnya……h. 53
  • [12] Ahmad Munjab Mahali, Asbab-an-Nujul, Studi Pendalaman Al-Qur’an (Jakarta:Grafindo Persada, 2002), h. 96-97.
  • [13] Ismail Ibn Katsir, Tafsir Ibn Katsir (terj) Dr. Abdullah bin Muhammad, Abdurrahman bin Ishaq, ( Pustaka Imam Syafi’I, 2002), h. 427
  • [14] Depag R.I., Al-Qur’an dan Terjemahnya……h. 924-925.
  • [15] Nasrul Umam syafi’I & Ufi Ulfiah, Ada Apa Dengan Nikah Beda Agama? …h.63
  • [16] Ibid. h. 67
  • [17] Depag R.I., Al-Qur’an dan Terjemahnya……h. 1084
  • [18] Harifuddin Cawidu, Konsep Kufr Dalam al-Qur’an (Jakarta : Bulan Bintang, 1991), h. 31.
  • [19] Mun’im A. Sirry, peny., Fiqh Lintas Agama (Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina bekerjasama dengan The Asia Foundation, 2004) , h. 156-157.
  • [20] Ibid., h. 158.
  • [21] Mun’im A. Sirry, peny., Fiqh Lintas Agama……, h. 159.
  • [22] Ibid., h. 159.
  • [23] Abu Al-Ainain Badran, Al-Alaqah Al-Ijtima’iyah Wa Ghair al-Muslimin (Beirut: Dar al-Nahdhah al-Arabiyah, t.t.), h. 29-31, dikutip oleh Zainun Kamal, Kawin Antar Umat Beragama, makalah pribadi.
  • [24] Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha, Tafsir Al-Manar, jil. V (Beirut: Dar al-Ma’rifah, t.t), h. 193.
  • [25] Mun’im A. Sirry, peny., Fiqh Lintas Agama…….h. 160
  • [26] Ibid. h. 161-162
  • [27] M. Quraish Shihab, Wawasan al-Qur’an (Bandung: Mizan, 1996), h. 369
  • [28] Abu Al-A’la Al-Maududi, Al-Islam fi Mawajahah Al-Tahaddiyah Al-Mu’assharah (Kuwait: Dar Al-Kalam, 1983), h. 117
  • [29] Jamil Shaliba, Min Aflaton ila Ibn Sina (Beirut: Dar Al-Andalus, 1981), h. 47, dikutip oleh Zainun Kamal, Kawin Antar Umat Beragama, makalah pribadi.
  • [30] Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha, Tafsir Al-Manar, jil. V….., h. 193.
  • [31] Mun’im A. Sirry, peny., Fiqh Lintas Agama…….h. 163
  • [32] Ibid., h. 164
  • [33] Ibid

10. sekte-sekte dalam islam
  • [1] M. Habib Mustopo, Kumpulan Essay-Manusia dan Budaya, Usaha Nasional, Surabaya, 1988, h. 59
  • [2] Lihat, Nur Ahmad Fadhil Lubis, Agama Sebagai Sistem Kultural, IAIN Press, Medan, 2000, h. 2
  • [3] Karen Amstrong, Sejarah Tuhan, Mizan, Bandung, 2001, h. 29
  • [4] Fadhil Lubis, Op dit., h. ?
  • [5] Maulana Muhammad Ali, Islamologi, Darul Kutubiah Islamiah, Cet. Kelima, Jakarta, 1996, h. 10
  • [6] Rahmat Subagya, Kepercayaan dan Agama, Kebatinan, Kerohanian, kejiwaan, Kanisius, Cet. Kesebelas, Yogyakarta, 1995, h. 39
  • [7] A. Heuken S.J. Ensiklopedi Gereja, Yayasan Cipta Loka Caraka, Jakarta, 1994, h. 184
  • [8] Ensiklopedi Islam, Jilid I, Ikhtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, 2003, h. 185-186
  • [9] A. Heuken S.J, Op cit.,
  • [10] Adam Kuper&Jessica Kuper, Ensiklopedi Ilmu-Ilmu Sosial, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2000, h. 951
  • [11] Ibid.,
  • [12] Ibid., h. 952
  • [13] Jessica Stern, Terror in the Name of God; Why Religious Millitants Kill, Harper Collin Publisher, New York, 2003, h. 18
  • [14] Ibid.,
  • [15] A. Heuken S.J, Op cit.,
  • [16] Adam Kuper&Jessica Kuper, Op cit., h. 953
  • [17] http:/www. Sarlito.Net.ms/books.html
  • [18] Ibid.,
  • [19] Majalah Gatra, 22 November 2003
  • [20] Rahmat Subagya, Op cit., h. 9
  • [21] Hadi Rahman dalam Forum Keadilan, 5 juni 2005

11. hak asai manusia
  • 1Harun Nasution dan Bahtiar Effendy, Hak Azasi Manusia Dalam Islam, Cet. I (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, Pustaka Firdaus, 1987), h. 7- 8.
  • 2Ibid, h. 10.
  • 3Jean Claude Vatin, Human Rights in Islam, dalam Philosophy and Public Policy (Southen Illinois: University Press, 1980), h. 359.
  • 4 Adamantia Pollis dan Peter Schwab, Human Rights: Cultural and Ideological Perspectives (New York: Praeger, 1979), h. 17.
  • 5 David Little, John Kelsey dan Abdul al-Azis A. Sachedina, Human Rights and the Complict of Cultures: Western and Islamic Perspectives on Religious Liberty, Terj. Riyanto, Cet. I (Yogyakarta: Academia dan Pustaka Pelajar, 1997), h. xi.
  • 6 Ibid, h. xiii.
  • 7James P. Piscatory, Human Rights and Islamic Political Culture, Moral Imperative of Human Rights, (ed) Kenneth W. Thompson (Washington: University Press of America, 1980), h. 144.
  • 8David Litle, John Kelsay dan Abdu Azis A. Sachedina, Human Rights and the Conflict of Cultures: Westren and Islamic Perspectives on Religious Liberty, h. xx.
  • 9Abu al-A’la al- Maududi, Islamic Law and Constitution (Lahore: Islamic Publication LTD, 1967), h. 263-270.
  • 10Ibid, hal. 265, Lihat juga, Rusjdi Ali Muhammad, Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Syari’at Islam, (Ed). Hasan Basri, Cet. I (Banda Acah: Ar-raniry Press, 2004), h. 60.
  • 11Darwan Prinst, Hukum Anak Indonesia, Cet. II (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2003), h. 98.

12. ibnu sina
  • [1] M. Atiqul Haque, Wajah Peradaban: Menelusuri Jejak Pribadi-Pribadi Besar Islam, Terj. Budi Rahmat et.al, (Bandung: Zaman, 1998), hal. 67
  • [2] Sirajuddin Zar, Filsafat Islam Filosof of Filsafatnya, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009), hal. 91. Lihat juga : Nurcholis Madjid, Kaki Langit Peradaban Islam, (Jakarta:Paramadina, 1997), hal. 94
  • [3] Muhammad Athif al- `Iraqy, al-Falsafat al-Islamiyyat, (Kairo: Dar al-Ma`arif, 1978), hal. 43
  • [4] Arif Munandar Riswanto, Buku Pintar Islam, (Bandung: PT Mizan Pustaka, 2010), hal. 446
  • [5] Wikipedia ensiklopedia bebas, Ibnu Sina, ( http://ms.wikipedia.org./wiki/Abu Ali Al - Hussain Ibn Abdallah Ibn Sina), diunduh pada tanggal 1juni 2011. Lihat juga: Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, (Jakarta: Penerbit UniversitasIndonesia), 1996, hal. 50
  • [6] Harun Nasution, Falsafat dan Mistisme dalam Islam, (Jakarta : Bulan Bintang), 1992, hal. 34
  • [7] Arif Munandar, Op Cit, hal. 445
  • [8] Syamsul Rizal, Pengantar Filsafat Islam,( Bandung: CitaPustaka Media Perintis, 2010), hal. 141
  • [9] Ibn Ushaibah, Uyun al-Anba,Juz II, ( Mesir : Al-Mathba’ah al-Wahabiyyah, 1299 H), hal. 2
  • [10]H. Zaenal Abidin Ahmad, Ibnu Siena (Avecenna) Sarjana dan Filosuf Dunia, (Bulan Bintang), 1949, hal. 49
  • [11] Majid Fakhry, Sejarah Filsafat Islam, kutipan: Sirajuddin, Op Cit, hal. 93
  • [12] Muhammad Athif al- `Iraqy, Op Cit, hal. 44
  • [13] Syamsul Rizal, Op Cit, hal. 144
  • [14] Desmond Stewart, early Islam, (New York:Time Inc, 1967), h. 127
  • [15] Lihat fazlur Rahman, Avicenna’s Psychology, (London : Oxford University Press,1959), h. 64.
  • [16] Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, ( Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2000), h. 65.
  • [17] Natsir Arsyad , Ilmuwan Muslim Sepanjang Sejarah (Bandung : Mizan, 1989), hal. 61
  • [18] George Sarton, A History of Science (New York: Harvard University Press, 1952) hal. 31
  • [19] Seyyed Hossein Nasr, Science and Civilization in Islam (Cambridge: The Islamic Texts Society 1987), hal 51
  • [20] Arsyad, Opcit
  • [21] Imam Munawir, Mengenal Pribadi 30 Pendekar dan Pemikir Islam dari masa ke
  • masa , (Surabaya : PT. Bina Ilmu1985), hal. 332 - 333
  • [22] Oemar Amin Hoesin, Filsafat Islam , (Jakarta : Bulan Bintang 1975), hal. 112 - 113
  • [23] Athif al- `Iraqy, Muhammad, al-Falsafat al-Islamiyyat, (Kairo: Dar al-Ma`arif, 1978). Hal. 34
  • [24] De Lacy o’Leary, Al-Fikr al-‘Arabi wa Makanuhu fi al-Tarikh,( Mesir : al-Muassasah a‘Ammah,1401 H), h. 181

13. jahiliyah modern
  • 1 Hasan al-Banna, Majmu'atur-Rasaail, (Beirut: Mu'assasatur-Risaalah), hlm. 207.
  • 2 Ibid., hlm. 236
  • 3 Ibid, hlm. 228
  • 4 Hasan al-Banna, Muzakkiraatud-Da'wah wad-Daa'iyah, hlm. 224
  • 5 Dialog-dialog ini dilakukan di antara Hasan al-Banna dengan Muhammad Hamid Abu Naser (pembimbing al-Ikhwan al-Muslimun saat itu), Farid Abdul Khaliq (staf Kantor Pembinaan yang lalu pada periode Hasan al-Banna), dan Shalah Syadi (salah seorang pemimpin al-Ikhwan al-Muslimun pada periode awal).
  • 6 Cetakan Darul Kutub al-Haditsah, Kairo, cetakan ke-3, 1965.
  • 7 Cetakan Maktabah Wahbah, Kairo, cetakan ke-1, 1977
  • 8 Cetakan Darus Syuruq, Beirut, cetakan ke-10, tanpa tahun.
  • 9 Tanpa penerbit. Buku ini diterbitkan dalam rangka memperingati 50 Tahun al-Ikhwan al-Muslimun.
  • 10 Fiidzilaalil-Qur'an, jilid 3, hlm. 1620
  • 11 Ibid., jilid 2, hlm 907
  • 12 Buku ini merupakan karya seorang qadhi muda, Abdul Jawad Yasin, dan diterbitkan oleh Daruz-Zahra, Kairo.
  • 13 Undang-Undang Front Islam Nasionalis, hlm. 7
  • 14 Lihat Dr Hasan ath-Thurabi, Pidato Ketua Umum Front Islam Nasionalis, Publikasi Front, Sudan, hlm. 9-10.
  • 15 Merupakan kutipan dari rancangan undang-undang susunan Hizbut-Tahrir yang dicetak bersama tanggapan mereka terhadap Rancangan Undang-undang Iran yang diajukan kepada para pemimpin Iran pada 1979.
  • 16 Tulisan tersebut adalah karya Husain Muhammad Jabir yang dimuat dalam Ath-Tharfiiq ila Jama'atil-Muslimin, Kuwait, Darud-Dakwah, cetakan 2, hlm. 310
  • 17 Penulis menggunakan sumber terjemahan berbahasa Arab dari undang-undang yang dikeluarkan oleh Kementerian Irsyaad al-Islami, Teheran, 1403 H.
  • 18 Berbeda dengan Republik Islam Iran, dalam rangka menerapkan syariat Islam, di Sudan pada era kepemimpinan Numery, pengambilan sumpah terhadap anggota MPR baik muslim maupun nonmuslim, dilakukan dengan menggunakan Al-Qur'an. Ketentuan ini dimasukkan dalam UndangUndang Sudan tahun 1985.
  • 19 Bunga rampai tulisan tersebut berjudul Nazariyyatul-Islaam wa Hadyuhu fii as-Siyaasah wa al-Qaanuan wa ad-Dustuur, diterbitkan di Beirut oleh Mu'assasah Risalah pada 1969.

14. sekte-sekte islam
  • [1] M. Habib Mustopo, Kumpulan Essay-Manusia dan Budaya, Usaha Nasional, Surabaya, 1988, h. 59
  • [2] Lihat, Nur Ahmad Fadhil Lubis, Agama Sebagai Sistem Kultural, IAIN Press, Medan, 2000, h. 2
  • [3] Karen Amstrong, Sejarah Tuhan, Mizan, Bandung, 2001, h. 29
  • [4] Fadhil Lubis, Op dit., h. ?
  • [5] Maulana Muhammad Ali, Islamologi, Darul Kutubiah Islamiah, Cet. Kelima, Jakarta, 1996, h. 10
  • [6] Rahmat Subagya, Kepercayaan dan Agama, Kebatinan, Kerohanian, kejiwaan, Kanisius, Cet. Kesebelas, Yogyakarta, 1995, h. 39
  • [7] A. Heuken S.J. Ensiklopedi Gereja, Yayasan Cipta Loka Caraka, Jakarta, 1994, h. 184
  • [8] Ensiklopedi Islam, Jilid I, Ikhtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, 2003, h. 185-186
  • [9] A. Heuken S.J, Op cit.,
  • [10] Adam Kuper&Jessica Kuper, Ensiklopedi Ilmu-Ilmu Sosial, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2000, h. 951
  • [11] Ibid.,
  • [12] Ibid., h. 952
  • [13] Jessica Stern, Terror in the Name of God; Why Religious Millitants Kill, Harper Collin Publisher, New York, 2003, h. 18
  • [14] Ibid.,
  • [15] A. Heuken S.J, Op cit.,
  • [16] Adam Kuper&Jessica Kuper, Op cit., h. 953
  • [17] http:/www. Sarlito.Net.ms/books.html
  • [18] Ibid.,
  • [19] Majalah Gatra, 22 November 2003
  • [20] Rahmat Subagya, Op cit., h. 9
  • [21] Hadi Rahman dalam Forum Keadilan, 5 juni 2005

15. analisa data kualitatif
  • [1] Catherine Marshal, dan Gretchen B Rossman, Designing Qualitative Research. California: Sage Publication,. Inc, 1995), h. 78.
  • [2] Ibid.
  • [1] Nuryanti Reni dan Peno Suryanto, Penelitian : Sebuah Pengantar. (Yogyakarta: UKM Penelitian UNY, 2006), H. 6.
  • [2] Sukardi dkk. Pedoman Penelitian Edisi 2004 (Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY, 2004), h. 15.
  • [3] Muhadjir Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000), h. 139.
  • [4] L. J. Moleong,, Metologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosydakarya, 2001), h. 197.
  • [5] Muhadjir Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, h. 189.
  • [6] Sanapiah.Faisal, Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasinya.
  • (Malang: YA3, 1990), h. 34.
  • [7] Ibid.

16. ahl rayi dan hadis
  • [1] Bila dirunut dari segi etimologi kata “tabi’in” merupakan bentuk jamak dari tabi’ yang artinya yang mengikuti. Sedangkan sebagai istilah berarti orang-orang Islam yang pernah berjumpa dengan sahabat Muhammad saw. Dan meninggal dalam keadaan beriman. Menurut Abu Zahrah bahwa istilah ini diambil dari Alquran surat at-Taubah ayat 100. lihat Ensiklopedi Islam, jil. V(Jakarta: Ichtiar Baru, 1999), lihat juga Abu Zahrah, Muhadarat fi tArikh al-Mazahib al-Fiqhiyat (t.p.: Ma’hal ad-Dirasah al-Islamiyah, 1996), h. 28.
  • [2] Muhammad al-husein Hanafi, al-Madhkal li Dirasah al-Fiqh al-Islami, jil. I (Kairo: an-Nahdhah al-Arabiyah, 1969), h. 69.
  • [3] Muhammad Ali as-Sayis, Tarikh al-Fiqh al-Islami (Mesir: Matba’ah Ali Shabih wa Auladuh, t.th.), h. 74.
  • [4] Muhammad Yusuf Musa, Tarikh Fiqh al-Islami (Mesir: Dar al-Kitab, 1958), h. 44-46. lihat juga Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh, jil. I (Jakarta: Wacana Ilmu, 1997), h. 30, juga Huzaimah Tahido Yanggo, Pengantar Perbandingan Mazhab (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997), h. 32.
  • [5] Ahmad Abu al-Fath, Kitab al-Mukhtarat al-Fathiyat fi Tarikh al-Tasyri’ wa Ushul al-Fiqh (Mesir: Maktabah an-Nahdhah, 1924), h. 128.
  • [6] Muhammad Yusuf Musa,
  • [7] Ibn Qayyim, I’lam al-Muwaqqin, jil. I (Kairo: Munir ad-Dimasyqi, t.th.), h. 23.
  • [8] Yusuf as-Sayyid Syalbi, Muhadarat fi Tarikh al-Fiqh al-Islami (Kairo: at-Tiba’ah al-Muhammadiyah, 1962), h. 119.
  • [9] Muhammad Husein Hanafi , al-Madkhal, h. 85.
  • [10] Abd al-Hay bin Ahmad, Syazarat al-Zahab fi Akhbar Imam Mazhab, jil. I (Kairo: al-Maktabah al-Qudsy, 1350 H), h. 114.

17. ijtihad
  • [1] Al-hasyr: 2
  • [2] Ahmad Warson Munawwir, Al-munawwir, Yoryakarta, 1994, h. 234
  • [3] Harun Nasution dalam “Ijtihad Dalam Sorotan” Editor, Jalaluddin Rahmat, Mizan, Bandung, cetakan keempat, 1996, h. 108
  • [4] Abdul Wahhab Khallaf, Sumber-Sumber Hukum Islam, diterjemahkan; Bahrun Abu Bakar, Anwar Rasyidi, Risalah, Bandung, 1984, h. 3
  • [5] A. Sjinqithy Djamaluddin, Sejarah Legislasi Islam, Al-ikhlas, Surabaya, 1994, h. 48
  • [6] Sobhi Mahmassani, Filsafat Hukum Dalam Islam, diterjemahkan; Ahmad Sudjono, Al-ma’arif, Bandung, cetakan kedua, 1981, h. 152
  • [7] Ibid., h. 153
  • [8] Yusuf Qardhawi, Muhamad Madani, Mu’inuddin Qadri, Dasar Pemikiran Hukum Islam, diterjemahkan; Husein Muhamad, cetakan kedua, 1994, h. 69
  • [9] Ibid., h. 71
  • [10] Q.S. al-Anfal: 41
  • [11] Ibid., h. 70

18. aliran-aliran baru
  • [1] Martin Van Bruinessen. www.My Qur’an.com.
  • [2] Ibid
  • [3] Rahmat Subagya, Kepercayaan dan agama, kebathinan, kerohanian, kejiwaan.( Yogyakarta : Konisius.,1995) Cetakan ke-11 hal 39
  • [4] wwwMmyQu’ran.com, serta lihat juga Sartono Karto Dirjo; Pengamatan Tentang Peranan Tareqat dalam Pemberontakan Banten; Terjemahan dari The Peasan’t Revolt of Banten in 1888. The Haque : Nijhoff, 1966.
  • [5] Najlah Naqiyah.www.Najlah Naqiah.com
  • [6] www.majalah-amanah.com
  • [7] Ibid
  • [8] www.tempo.co.id/min/37/nas1.htm
  • [9]Ulil Absar Abdalah.www.islamlib.com
  • [10] www.tempo.co.id, Op cit
  • [11] Supandi Maruih Op cit, http://203.77.237.122//artikel/1192.shtml
  • [12] www.pikiran-rakyat.com
  • [13] Nazaruddin Umar, www.sufinews.com
  • [14] Nadirsyah Hosen, Demokrasi dan perlindungan minoritas, www.Islamlib.com
  • [15] www.sufinews.com, Op cit
  • [16] Najlah Naqiah, Op cit
  • [17] Supandi Maruih Op cit.

19. pemikiran | Al-Qabisi | Ibnu Sahnun
  • [1]Abu Hasan al-Qabisi, ar-Risalah al-Mufashshilah li Ahwal al-Muta'allimin wa Ahkam Muta'allimina,ed.Ahmad Khalid(Tunisia:al-Syirkah al-Tunisiyah li al-Tauzi', 1986),h.7-17
  • [2]untuk lebih jelas dengan dengan permasalahan laqab-laqab yang diberikan kepada al-Qabisi bisa dilihat:Ahmad Fuad al-Ahwani, al-tarbiyah fi al-Islam(Kairo:Dar al-Ma'Arif, 1980),h.22-26
  • [3]Nama-nama murid al-Qabisi dapat dilihat dalam : al-Qabisi, ar-Risalah al-Mufashilah,h.10-14
  • [4]Abuddin Nata,Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam:Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam(Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2001),h.26
  • [5]al-Ahwani, al-tarbiyah,h.21
  • [6] Nata,Pemikiran Para,h.27
  • [7]al-Ahwani,Tarbiyah,h. 59
  • [8]Ibid,h.54
  • [9]Ibid,h.106
  • [10]Nata,Pemikiran Para,h.28
  • [11]al-Ahwani,Tarbiyah,h.108
  • [12]Ahmad Abdul Latief,al-Fikry al-Tarbawy al-Araby al-Islamiy(Tunisia:Maktab al-Araby, 1987),h.771
  • [13]Ibid,h.165-175, lihat juga Nata, Pemikiran,h.31
  • [14]al-Ahwani,Tarbiyah fi,h.175
  • [15]Nata, Pemikiran,h.34
  • [16]lebih lengkapnya lihat. al-Ahwani,Tarbiyah fi,h.181-219
  • [17]al-Qabisi,ar-Risalah al-Mufashshilah,h.4

20. Birokrasi Iklim organisasi | sistem administrasi manajemen pendidikan
  • [1] Umi Chulsum &Windy Novia, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Surabaya:Kashiko,2006), h.128
  • [2]Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, cet.1( Bandung: ALFABETA, 2005), h. 61
  • [3]Ibid, h.62. Bagian gambar ini menjelaskan bahwa system administrasi pendidikan pada pemerintahan dipegang oleh Depertemen Pendidikan Nasional, pemerintah Provinsi yang diperankan oleh Dinas Pendidikan kemudian Dinas Pendidikan Kabupaten/kota serta satuan jenis jenjang yang menyelenggarakan program pembelajaran. Sesuai dengan UU No.22 tahun 1999 pasal 62 menyetakan Dinas daerah adalah unsusr pelaksana pemerintah daerah.
  • [4]www.geocities com-pakguruonline_files.didownload pada tanggal 11 Maret 2008. lihat juga: Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan , h. 71. Kualitas personil yang dimaksudkannya adalah co-action kesadaran yang terlibat pada pemberdayaan coertion ( paksaan) yang juga dilibatkan keraha ototarianisme. Konsep administarasi yang menyangkut personel bukanlah lunak atau berlawanan dengan adminis\trasi yang decisive atau memutuskan sendiri tetapi hubungan manusia dalam system administrasi yang diharapkan adalah kesadaran akan tugas pokok dan fungsinya yang ditunjukkan pada tanggung-jawab organisasi sesuai dengan tugas-tugas yang dibebankan kepada masing-masing pelaksana.
  • [5]Ibid H, 74. Sistem informal amat penting dalam organisasi sekolah, peranan administrator dalam memelihara system interkasi itu, peranan informal dapat mendukung proses pembuatan keputusan yang bersifat formal Hubungan manusia dalam organisasi informal berkembang sebagai suatu interksi terhadap pengaruh daripada organisasi formal. Lihat juga. Dikmenum, Upaya Perintisan Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah (Jakarta:Depdikbud, 1998), h.39
  • [6]Umaedi, Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah: Suatu Konsepsi Otonomi Sekolah (Depdikbud, Jakarta, 1999 ), h. 14
  • [7]Umaedi, Upaya Perintisan Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah( Depdikbud, Jakarta, 1998), h. 17
  • [8]Semiawan, Conny R., dan Soedijarto, Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI,( PT. Grasindo, Jakarta, 1991), h. 23
  • [9]h, 81 Soedijarto, Mencari Strategi Pengembangan, h.16

21. Administrasi Manajemen Pendidikan
  • [1]M. Ngalim Purwanto, administrasi dan Supervisi Pendidikan( Bandung: Rosdakarya, 1987), h.7-8. lihat juga : Ibrahim Bafadal, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentraliasasi ( Jakarta: Bumi Aksara, 2003), h.55. Manajemen metode yang di gunakan administrator dalam melakukan tugas-tugas tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Seperti manajemen sekolah dasar dalam mengaplikasikan manajemen dengan melakukan proses, dimana kepala sekolah dasar berperan sebagai administrator bersama atau melalui orang lain berupaya mencapai tujuan institusional sekolah dasar secara efesien.
  • [2]www.google.com. Didownload pada tanggal 27 April 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Bag 2 Pengantar Ilmu Administrasi Negara Bag 1
  • [3]Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, cet.1( Bandung: ALFABETA, 2005), h.38. menurut haidar Nawawi sendiri, administrasi pendididkan adalah serangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan dalam lingkungan tertentu, terutama berupa lembaga pendidikan formal
  • [4]Purwanto, administrasi, h. 9
  • [5]Soewarno Handayaningrat, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Gunung (Jakarta: Agung. 1996), h.23
  • [6]Purwanto, administrasi, h.14
  • [7]Handoyo, T. Hani, Manajemen. Edisi 2,( Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2003), h. 34
  • [8] Jones, Malcolm J, “CURRICULUM DEVELOPMENT, S1 Engineering Programs in Indonesia”,( Jakarta: Directorate General of Higher Education. EEDP, 2000), h.19. Sistem pendidikan bekerja berdasarkan kurikulum yang ditetapkan untuknya. Kurikulum adalah perangkat-lunak (software) utama bekerjanya sistem pendidikan, sebagaimana sistem operasi bekerja untuk komputer. Sebagaimana sistem operasi komputer yang senantiasa diubah-ubah dan di-revisi setiap saat, demikian juga kurikulum suatu sistem pendidikan, senantiasa di-utak-atik dan di-revisi. Kebanyakan para pelaku sistem pendidikan menginginkan kurikulum yang bertahan tetap tidak berubah selama sedikitnya 5 (lima) tahun, tapi sering sekali terjadi, begitu kurikulum itu ditulis dan dibukukan, kemudian diperbanyak dan di-distribusi-kan, saat itu pula diperlukan revisi dan perbaikan. Seperti hal-nya sistem operasi komputer yang sering di-revisi, maka kurikulum pun perlu diberi nama seperti sistem operasi komputer, misalnya dengan menggunakan tahun disusunnya: “Kurikulum 1995 revisi 1997”, atau “Kurikulum 2000 Release 2.1/2003”, dan seterusnya.
  • [9]Surya Subrata, Manajemen Pendidikan di Sekolah,( Jakarta. PT.Rineka Cipta, 2004 ), h.19. lihat juga Nasution.M.N Manajemen Mutu Terpadu, (Jakarta :Ghalia Indonesia, 2004 ). wijayanti88@yahoo.co.id. Sebagai perlengkapan tata laksana kepegawaian disediakan format-format untuk menata pelaksanaan kegiatan tertentu yang diperlukan. Sesuai dengan prinsip tata laksana kepegawaian sekolah dasar yang menyeluruh dan berkelangsungan. Untuk itu telah diusahakan bentuk-bentuk pelayanan hak-hak pegawai/guru yang bertugas di seklah tertentu, pindah tempat, sampai yang bersangkutan berhenti menjadi pegawai / guru.
  • [10]Sri Sujati Kadarisman, Dasar-dasar Manajemen.( Jakarta: Aditya Utama, 1994), H. 37
  • [11] www.google.com. Didownload pada tanggal 26 April 2008. Peng. Ilmu Admnistrasi.Upaya yang dianjurkan oleh Henry Fayol untuk mengembangkan teori administrasi. Pengalaman dan Penelitian F.W. Taylor untuk meningkatkan produktivitas kerja para Pekerja di Perusahaan Besi Baja Midvale dan Bethlehem. Berdasarkan atas prestasi kerjanya selama ia bekerja di Perusahaan Besi Baja Midvale, selama 6 tahun ia telah dipromosikan dari pekerja biasa, Kepala Pekerja, Pengawas Pekerja, Kepala Montir, Kepala Perencana sampai ia menduduki jabatan tinggi sebagai ahli-ahli Teknik/Insinyur di Perusahaan Midvale tersebut. Oleh karena keberhasilannya, ia diminta untuk memperbaiki Perusahaan Besi Baja Bethlehem yang sedang mengalami kemunduran. Berdasarkan atas ketekunannya ia dapat berhasil menyelamatkan Perusahaan ini dari suatu kebangkrutan.
  • [12]www.google.com Manajemen Sumber Daya Manusia Bag 2 Pengantar Ilmu Administrasi Negara Bag 1 Administrasi dikenal di Indonesia diawali dari masa colonial Belanda. Ilmu Administrasi pada Waktu Pemerintahan Hindia Belanda sangat di pengaruhi Administrasi Militer terutama pada : (1) Penggunaan istilah administrasi di bidang pemerintahan pada pemerintahan Hindia Belanda. (2) Pembagian wilayah administrasi (3)Lembaga-lembaga pemerintah Hindia Belanda (4) Susunan organisasi pemerintah Hindia Belanda (5) Daerah-daerah Otonom. (6) Istilah administrasi di bidang hukum dan di bidang perekonomian. (7) Pengaruh Administrasi Militair pada waktu Perang Dunia II.

22. Pesantren | Dinamika dan Perkembangan
  • [1] Prof. Dr. H. Haidar Putra Daulay, MA, Dinamika Pendidikan Islam (Bandung : Citapustaka, 2004), h. 113.
  • [2] Dra. Faiqah, M.Hum, Nyai, Agen Perubahan di Pesantren ( Jakarta : Kucica, 2003), h. 146-147.
  • [3] Kafrawi, Pembaharuan Studi Pendidikan Pondok Pesantren Sebagai Usaha Pembentukan Prestasi Kerja dan Pembinaan Kesatuan Bangsa (Jakarta : Cemara Indah, 2004), h. 17.
  • [4] Ibid, h. 17.
  • [5] Fahry Ali dan Bahtiar Effendy, Merambah Jalan Baru, Rekontruksi Pemikiran Indonesia Masa Orde baru (Bandung : Mizan, 1990), h. 31.
  • [6] Prof. Dr. H. Haidar Putra Daulay, MA, Pendidikan Islam, Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta : Prenada Media, 2004), h.26.
  • [7] Selo Soemarjan, Perubahan Sosial di Yogyakarta, Gajahmada Pers, Yogyakarta, H. 278.

  • [8] Amir Hamzah, Pembaharuan Pendidikan dan Pengajaran Islam, Mulia Offset, Jakarta, 1989, h. 47.
  • [9] Alamsyah Ratu Prawiranegara, Pembinaan Pendidikan Agama, Depag. RI, Jakarta, h. 41.
  • [10] Rusli Karim, Pendidikan Islam di Indonesia dalam Transformasi Sosial ( Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991), h. 134.
  • [11] Drs. H. Amin Haedani, M.Pd dkk, Panorama, Pesantren Dalam Cakrawala Modern (Jakarta: Diva Pustaka, 2004), h. 80.
  • [12] Ibid, h. 82.
  • [13] Mahpuddin Noor, Potret Dunia Pesantren (Bandung: Humaniora, 2006), h. 44.
  • [14] Ibid, h. 162-163.
  • [15] Zamakhsari Dhofier, Tradisi Pesantren, Shtudi tentang Pandang Hidup Kiai (Jakarta : LP3ES, 1994) h.9.
  • [16] Supriyadi, Kiai, Priyai di Masa Transisi (Surakarta: Pustaka Cakra, 2001).
  • [17] Tim Penyusun, ke-Nu-an, Ahlussunnah Wali Songo al-jama’ah (Semarang : CV Wicaksana, 1990) h. 35.
  • [18] Haidar, Pendidikan Islam.., h. 36.
  • [19] Amin Haedari, Panorama Pesantren Dalam Cakrawal Modern (Jakarta: Diva Pustaka, 2004), h. 96. lihat juga Mahpuddin Noor, Potret, h.79.

23. Fundamentalisme | Radikalisme | Teorisme
  • [1] Marshal Hodgson menguraikan gerakan ini dengan sangat baik sekali, lihat Marhsal Hodgson, The Venture of Islam I ( Chicago: Chichago University Press, 1974), h. 326.
  • [2] Ribut Karyono, Fundamentalisme Dalam Kristen – Islam (Yogyakarta: Kalika Press, 2003), h. 25
  • [3] Ibid.
  • [4] Kompasonline.com edisi Jumat, 02 Maret 2007.
  • [5] Ibid.
  • [6] Azyumardi Azra, Jurnal Ulumul Qur'an. Edisi 17 Dec 2000
  • [7] Mencegah Fundamentalis-radikalis. Artikel internet pada www.isamkui.co.id didownload pada 27 September 2007.
  • [8] Umi Chulsum dan Windy Novia, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Surabaya: Kashiko, 2006), h. 561.
  • [9] Radikalisme Agama Ancaman bagi Pemilu 2004? Artikel pada www.Sinar Harapanonline.co.id. didownload pada 24 September 2007.
  • [10] Radikalisme Agama Ancaman bagi Pemilu 2004? Artikel pada www.Sinar Harapanonline.co.id. didownload pada 24 September 2007.
  • [11] Umi Chulsum, Kamus Besar, h. 659.
  • [12] Dephan, Terorisme. Artikel pada www.balitbangdephan.com. Didownload pada 25 September 2007.
  • [13] Kompas edisi 2-9-2003

24. Kebebasan Akademis Dalam Tradisi Intelektual Muslim
  • [1]Ahmed Othman Al-twaijri, Kebebasan Akademis Menurut Konsep Islam dan Barat, terj. F. Rozi Dalimunthe dan Nur. A. Fadhil Lubis (Medan: Lembaga Ilmiah IAIN-SU, 1988), h. 21.
  • [2]Hasan Asari, Menguak Sejarah Mencari ‘Ibrah (Bandung: Citapustaka Media, 2006), h. 167.
  • [3]Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1999), h. 123.
  • [4]George Makdisi, “Freedom in Islamic Jurisprudence; Ijtihad, Taqlid and Academic Freedom“ dalam Religion, Law, and Learning in Classical Islam (Hampshire: Variorum, 1990), h. 80.
  • [5]Ibid., 81
  • [6]Q.S. Al Baqarah/2: 256.
  • [7]Q.S. Al Kahfi/18: 29.
  • [8]Abdullah Nashih ‘Ulwan, Kebebasan Berpendapat, terj. Ahmad Adnan (Jakarta: Studia Press, 1997), h. 40.
  • [9]Q.S. Al Nahl/16:125.
  • [10]‘Ulwan, Kebebasan Berpendapat, h. 41.
  • [11]Suyadi, “Peserta Didik Zaman Keemasan Islam,” dalam Suwito dan Fauzan (ed.), Sejarah Sosial Pendidikan Islam (Jakarta: Prenada Media, 2005), h. 245.
  • [12]Asari, Menguak Sejarah, h. 169
  • [13]Q.S. Al Baqarah/2: 164.
  • [14]Q.S. Sad/38: 29.
  • [15]Q.S. Al Taubah/9: 122.
  • [16]Q.S. Al Zariat/51 : 20-21.
  • [17]Asari, Menguak Sejarah, h. 169.
  • [18]Q.S. Al Zumar/29: 9.
  • [19]Jonathan Berkey, The Transmission Of Knowledge in Medieval Cairo, a Social History Of Islamic Education (New Jersey: Princeton University Press, 1992), h. 4.
  • [20]Hasan Asari, Modernisasi Islam (Bandung: Citapustaka Media, 2002), h. 11.
  • [21]George Makdisi, “Magisterium And Academic Freedom in Classical Islam and Medieval Christianity,” dalam Nicholas Heer (ed.), Islamic Law and Jurisprudence (Seattle: University of Washington Press, 1990), h. 130.
  • [22]Tarmizi Taher, “Pengantar.” Dalam Hery Sucipto, Cahaya Islam; Ilmuan Muslim Dunia Sejak Ibnu Sina Hingga B.J.Habibie (Jakarta: Grafindo, 2006), h. 11.
  • [23]Asari, Menguak Sejarah, h. 173.
  • [24]Musyrifah Sunanto, Sejarah Peradaban Islam Indonesia (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005), h. 280.
  • [25]Al-twaijri, Kebebasan Akademis, h. 82.
  • [26]Ibid., h. 86.
  • [27]Asari, Menguak Sejarah, h. 85.
  • [28] Ibid., h. 86.
  • [29]Deden Makbuloh, “Kehidupan Murid dan Mahasiswa Pada Masa al Ma’mun (198 – 218 H /813 – 833 M),” dalam Suwito dan Fauzan (ed.), Sejarah Sosial Pendidikan Islam (Jakarta: Prenada Media, 2005), h. 72.
  • [30]Hery Sucipto. Cahaya Islam; Ilmuan Muslim Dunia sejak Ibnu Sina Hingga B.J.Habibie (Jakarta: Grafindo, 2006), h.124.
  • [31]Suaib Zainal, “Perkembangan Umu Pendidikan Islam Abad Pertengahan Sampai Sekarang” dalam Suwito dan Fauzan (ed.), Sejarah Sosial Pendidikan Islam (Jakarta: Prenada Media, 2005), h. 232.

25. kebijakan pendidikan islam
  • [1]Muhammad Iqbal, Fiqh Siasah. Kontekstualisasi Doktrin Politik Islam (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001), h. 251.
  • [2]Undang-undang RI Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara (Jakarta: Sinar Grafika, 2002), h. 8.
  • [3]Musyrifah Sunanto, Sejarah Islam Klasik; Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam (Bogor: Kencana, 2003), h. 39.
  • [4]Charles Michel Stanton, Pendidikan Tinggi dalam Islam, terj. Afandi dan hasan Asari, cet. I (Jakarta: Logos, 1994), h. 80.
  • [5]Dept. Agama RI, Keterpaduan Materi Pendidikan Agama Islam dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Jakarta: Dept. Agama RI, 2004), h. 4.
  • [6]Ibid.
  • [7]Hasan Asari, Menguak Sejarah Mencari Ibrah (Bandung: Cita Pustaka Media, 2006), h. 223.
  • [8]Suwito dan Fauzan, ed., Sejarah Sosial Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2005), h. 29.
  • [9]Imam Machalli, ed. Pendidikan Islam dan tantangan Goblalisasi, Buah pikiran seputar filsafat politik, ekonomi, social dan budaya (Yogjakarta: Ar-Ruzz, 2004), h. 275 – 276.
  • [10] Kimbrough, Political Power and Educational decision Making (Chicago: Rand McNally & Company, 1964), h. 7.
  • [11]Margaret S Archer, “Educational politic, a model for the their analysis”, dalam Ian Mcani and Jenni Ozga (ed.), Policy Making in Education, (Great Britain: Pergamon Press, 1985), h. 39
  • [12]Abdurrasyid, Madrasah Nizamiyah, Studi tentang Hubungan Pendidikan Islam dam Politik (Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah, 1994), h. 25.
  • [13]Adi Warman Azwar Karim, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004), h. 51.
  • [14]Roem Topatimasang, Sekolah Itu Candu (Yogjakarta: Pustaka Pelajar dan INSIST, 1999), h. viii
  • [15]http://perpumda.jakarta.go.id/simkota/ALI-JPS.htm.
  • [16]http://www.ips.or.id/laporan/laporan tahunan.9900.html.
  • [17]Ibn Katsir, Tafsir al Qur’an al ‘adhim, h. 80.
  • [18]Nasaruddin Umar, Tradisi dan Pembaharuan Pemikiran dalam Dunia Islam, www.depdiknas. go.id.
  • [19]Fuad Kauma, Wanita-wanita Muslimah Pengukir Sejarah, (Jakarta: Kalam Mulia, 2005), h. 271.
  • [20]Ahmad Syalabi, Sejarah Pendidikan Islam, terj. Mukhtar Yahya dan Sanusi Latif (Jakarta: Bulan Bintang, 1973), h. 231.
  • [21]Ibid., h. 225.
  • [22]Ibid., h. 200.
  • [23]Ibid., h. 207
  • [24]Amad Sonhaji, Alternatif Penyempurnaan Pembaharuan Penyelenggaran Pendidikan di sekolah Menengah Kejuruan, http//www.depdiknas.go.id/sikep/Issue/SENTRAL/F.18.html.

26. Konsep Fitrah Dalam Al Qur’an
  • [1]Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Paradigma Humanisme-Teosentris (Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2005), h. 11-12.
  • [2]Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoristis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, cet V (Jakarta: Bumi Aksara, 2000), h. 88.
  • [3]Luis Ma’luf, al Munjid fi al lughah wa al a’lam (Bairut: Dar el Mashreq, 2000), h. 588. lihat Atabik Ali dan Ahmad Zuhdi Muhdhor, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, cet. V (Yokjakarta: Multi Karya Grafika, 1996), h. 1399. lihat juga, A.W. Munawwir, Kamus al Munawwir; Arab-Indonesia, cet. XIV (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997), h. 1063.
  • [4]Abul A’la Al-Maududi, Towards Understanding Islam, Islamic Publication LTD, Lahore-Dacca. 1966.
  • [5]Ibid.
  • [6]Arief, Pengantar ,h 7
  • [7]Achmadi, Ideologi Pendidikan, h. 41
  • [8]Q.S. al Hujurat/49: 13.
  • [9]Q.S. al Mulk/67: 23.
  • [10]Q.S. al Rum/30: 30.
  • [11]LPKUB, Ensiklopedi Praktis Kerukunan Hidup Umat Beragama, P.Sipahutar dan Arifinsyah ( Ed.) edisi 2 (Bandung: Citapustaka Media), 2003. h.118
  • [12] Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, cet. VI (Jakarta: Bumi Aksara, 2000), h. 158.
  • [13] Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol 11 (Jakarta: Lentera Hati,2002), h 53.
  • [14]Arifin, Ilmu Pendidikan, h. 88.
  • [15]Baharuddin, Paradigma Psikologi Islami Studi Tentang Elemen Psikologi dari Al-Qur’an (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004), h.148.
  • [16] Ia mendasarkannya pada hadits yang cukup populer, “setiap orang dilahirkan dalam keadaan fitrah. Maka orangtuanya yang akan menjadikannya sebagai Yahudi, Nasrani atau Majusi”. Dalam keterangan lainnya Juhaya S, Praja mengemukakan dalam tulisannya bahwa fitrah merupakan bawaan manusia sejak lahir.
  • [17]Ahmed Othman Al-twaijri, Kebebasan Akademis Menurut Konsep Islam dan Barat, terj. F. Rozi Dalimunthe dan Nur. A. Fadhil Lubis (Medan: Lembaga Ilmiah IAIN-SU, 1988), h. 82.
  • [18] Jalaluddin, Teologi Pendidikan,cet. II (Jakarta: Raja Grafindo, 2002), h. 35
  • [19] Ibid.
  • [20] Achmadi, Ideologi, h 94.
  • [21]Achmadi, Ideologi, h. 98
  • [22]Ibid., 103.
  • [23]Ahmad Faqih HN, “Menggagas Psikologi Islami: Mendayung di Antara Paradigma Kemodernan dan Turats Islam” dalam Artikel Mingguan Islam (20 Januari 2000). H. 203
  • [24] Ibid. h. 10
  • [25]Muhammad Fuad Abd al-Baqy, Mu’jam al-Mufahrass li Alfadz al-Qur’an al-Karim, (Beirut: Dar al-Fikr, 1987), h. 285-299.
  • [26]Al-Raghib al-Asfahany, Mu’jam Mufradat li alFadz al-Qur’an, (Beirut: Dar al-Fikr, tt), h 198. lihat juga Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, cet. III (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997), h. 6
  • [27] Dja’far Siddik, “Menelusuri Konsep Proses Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Islam” dalam Hasan Asari, Amroeni Drajat, (ed), Antologi Kajian Islam (Bandung: Citapustaka Media, 2004),h. 147.
  • [28] Nurcholish Madjid, ”Pesan-Pesan Takwa Nurcholish Madjid”, Editor Asrori S. Karni, (Jakarta: Paramadina, 2000).h. 224.
  • [29]Syed Muhammad al-Naquib al-Attas, Islam Secularism and The Philosophy of the Future ( London: Mansell Publishing Limited, 1985), h 32.
  • [30]Siddik, “Menelusuri Konsep, h. 150-151.

27. al-Mawardi
  • [1] Qamar-ud-Din Khan, Al-Mawardi’s Theory of the State, Idarah-i Adabiyat-i Delli, Delhi, tt, h. 19
  • [2] Ensiklopedi Hukum Islam, Ichtiar Baru Van Hoeve, cetakan ke-6, Jakarta, 2003, h. 1162
  • [3] Ibid.,
  • [4] Qamar-ud-Din Khan, Op cit., h. 19
  • [5] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2000, h. 62
  • [6] Al-Farabi hidup ketika kekuasaan Abbasiyyah diguncang oleh berbagai gejolak, pertentangan dan pemberontakan. Dia lahir pada masa pemerintahan khalifah al-Mu’tamid dan meninggal pada masa pemerintahan khalifah Muti’. Suatu periode paling kacau dan tidak ada stabilitas politik sama sekali. Pada waktu itu timbul banyak tantangan bahkan pemberontakan terhadap kekuasaan Abbasiyah dengan berbagai motif: agama, kesukuan dan kebendaan. Banyak anak-anak raja dan penguasa-penguasa lama berusaha mendapatkan kembali wilayah dan kekayaan nenek moyangnya, khususnya orang Persia dan Turki. Dengan kondisi sosial politik yang demikian dan perkenalannya dengan karya tulis pemikir Yunani seperti Plato dan Aristotelas, membuat al-Farabi gemar berkhalwat. Ia juga menghasilkan sebuah karya politik berjudul Ara’ Madinah al-Fadhilah. Lihat, Munawir Sjadzali, Islam dan Tata Negara, UI Press, Jakarta, 1993, h. 50
  • [7] Ibid., h. 58-59; Lihat juga, Azyumardi Azra, Pergolakan Politik Islam, Dari Fundamentalis, Modernisme Hingga Post Modernisme, Paramadina,Jakarta, 1996, h. 4
  • [8] Ehsan Ehsanullah, Siyasa Shar’iyya, Thinkers Library, Selangor Malaysia, 1994, h. 37; Ensikopedi tematis Dunia Islam, Ichtiar Baru Van Hoeve, cetakan ke-2, Jakarta, 2003, h. 277
  • [9] Ehsan Ehsanullah, Op cit., h. 38
  • [10] Al-Mawardi, al-Ahkam as-Sultaniyah wa al-Wilayah ad-Diniyyah,,Kairo, tp, 1973
  • [11] Sjadzali, Op cit., h. 63
  • [12] Hamidullah dkk, Politik Islam konsepsi dan Dokumentasi, alih bahasa: Jamaluddin Kafie, Cs., Bina Ilmu, Surabaya, 1987, h. 146
  • [13] Yaitu mereka yang dipercaya dan diberi wewenang oleh kaum muslim untuk menentukan urusan umat. Mereka inilah orang-orang yang mewakili umat dan mereka juga harus bertanggung jawab atau menanggung dosa apabila tidak menunaikan kewajiban sebagaimana mestinya. Kelompok ini dalam konteks pemerintahan Indonesia bisa disebut MPR
  • [14] Muhammad Iqbal, Fiqh Siyasah, Gaya Media Pratama, Jakarta, 2001, h. 111
  • [15] Al-Mawardi, Op cit., h. 6
  • [16] Sjadzali, Op cit, h. 65
  • [17] al-Mawardi, Op cit., h. 22
  • [18] Kata “sulthan” merupakan kata benda abstrak dari bahasa Arab yang berarti kekuasaan atau pemerintah. Konon sebutan sulthan telah diberikan untuk pertama kalinya oleh khalifah Harun al-Rasyid kepada wazirnya. Penggunaan kata sulthan baru diakui secara resmi pada abad ke-11 ketika digunakan oleh dinasti Turki yang dikenal sebagai sebutan “Saljuk Yang Agung”. Bernard Lewis, Bahasa Politik Islam, alih bahasa: Ihsan Ali-Fauzi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1994, h. 73
  • [19] Iqbal, Op cit., h. 90
  • [20] Munawir, Op cit., h. 67
  • [21] Muhibbin, Hadis-Hadis Politik, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1996, h. 33
  • [22] Iqbal, Op cit., h. 109
  • [23] al-Mawardi, Op cit., h. 6

28. Konsep Manajemen Mutu
  • [1]Sofyan Syafri Harahap, Manajemen Mesjid, Suatu Pendekatan Teoritis dan Organisatoris (Yogjakarta: Dana Bhakti Prima Yasa, 1996), h. 27.
  • [2]Hasan Mu’arif Ambari, “Sambutan” dalam K. Permadi, Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Manajemen (Jakarta: Rineka Cipta, 1996), h. v.
  • [3]Muhammad Munir dan Wahy Ilaihi, Manajemen Dakwah (Jakarta: Kencana, 2006), h. 9
  • [4]Syaiful Sagala, Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat, Strategi Memenangkan Persaingan Mutu, cet. II (Jakarta: Nimas Multima, 2005), h. 13.
  • [5]Munir, Manajemen, h. 9.
  • [6]G.R. Terry, Principles of management, ed. VI (Georgetown: Richard D. Irwing Inc, ), h. 4. terjemahan bebasnya kira-kira sebagai berikut; manajemen adalah proses yang khas terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan tenaga dan sumber daya lainnya.
  • [7]Robert Kreitner, Management, cet. IV ((Boston: Houghton Mifflin Company, 1989), h. 9. terjemahan bebasnya adalah manajemen adalah proses kerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan organisasi dalam lingkungan yang berubah. Proses ini berpusat pada penggunaan secara efektif dan efisien terhadap sumber daya yang terbatas.
  • [8]Sagala, Manajemen Berbasis, h. 14.
  • [9]Munir, Manajemen. h. 10.
  • [10]Nurkholis, Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi (Jakarta: Grasindo, 2003), h. 67.
  • [11]Umaedi, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, . www.ditplb.or.id/2006/index.php? menu=profile&pro=194 - 52k
  • [12]Nurkholis, Manajemen Berbasis, h. 70.
  • [13]Sagala, Manajemen Berbasis, h. 39.
  • [14]Ibid., h. 38.
  • [15]Ibid.
  • [16]Umaedi, Manajemen Peningkatan, h. 5
  • [17]Ibid., h. 6-7.
  • [18]E. Mulyasa, Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama RI, 2003), h. 12.
  • [19]Sagala, Manajemen Berbasis, h. 39.
  • [20]Ibid.
  • [21]Ibid., h. 2.
  • [22]Fandi Tjiptono dan Anastasi Diana, Total Quality management, cet. I, ed. IV (Yogjakarta: Andi, 2001). H. 4 -5.
  • [23]Sagala, Manajemen Berbasis, h. 49.
  • [24]Ibid., h. 50.

29. Kebijakan Pendidikan Islam Tentang Rekrutmen
  • [1]Mujamil Qomar, Epistimologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik (Jakarta: Erlangga, 2005), h. 226.
  • [2]Albaini Zuhdi, Program Akselerasi, (Masih Mencara Bentuk yang Ideal atau Evaluasi terhadap Pelaksanaannya). www.ditplb.or.id/2006/index.php?menu=profile&pro=194 - 52k
  • [3]Ivor K. Davies, Pengelolaan belajar, terj. Sudarsono Sudirdjo, dkk. (Jakarta: Rajawali Pers, 1986), h. 17.
  • [4]Qomar, Epistimologi Pendidikan, h. 208.
  • [5]Siti Maryam, dkk (ed.), Sejarah Peradaban Islam dari Masa Klasik hingga Modern (Yogyakarta: Lesfi, 2003), h. 36.
  • [6]Musyrifah Sunanto, Sejarah Islam Klasik, Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam (Jakarta: Kencana, 2003), h. 38.
  • [7]Hanum Asrofah, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: logor, 1999), h. 13.
  • [8]Abdurrahman Mas’ud, Intelektualitas Pesantren, Perhelatan Agama Dan Politik (Yogjakarta: Lkis, 2004), h. 40.
  • [9]Husni Rahim, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: Logos, 2001), h. 5.
  • [10]Hasan langgulung, Pendidikan Islam (Jakarta: Pustaka az Zikra, 1990), h. 23.
  • [11]Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam (Jakrta: Hidayakarya Agung, 1990), h. 33.
  • [12]Ahmad Sjalaby, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1970), h. 48.
  • [13]Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia (Jakarta: Kencana, 2004), h. 66.
  • [14]Ibid., h. 123.
  • [15]Albaini Zuhdi, Program Akselerasi
  • [16]Umaedi, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, . www.ditplb.or.id/2006/index.php? menu=profile&pro=194


Makalah atau artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Aneka Makalah - All Rights Reserved